PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Sosialisasi Pemanfaatan Pangan Lokal




KOTA JAMBI - Sosialisasi dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Jambi di Aula DPKP pada Kamis (03/10/2019) yang dikuti sekitar 40 orang Kelompok Wanita Tani (KWT) lingkup Kota Jambi.

Pada kesempatan ini ikut hadir para Penyuluh, para Kasie Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Kota Jambi dan narasumber dari BPTP serta DKP Provinsi Jambi.

Pada pembukaan dan arahannya Kepala Dinas yang diwakili Kabid. Konsumsi dan Keamanan Pangan menegaskan akan pentingnya pemanfaatan pangan lokal untuk peningkatan keragaman konsumsi pangan dan mengurangi ketergantungan pada beras serta penggunaan terigu.

Peneliti BPTP Ir. Linda Yanti, M.Si memaparkan materi keragaman olahan pangan lokal yang meliputi aspek perbaikan cita rasa, mutu dan keamanan pangan dengan sentuhan tampilan sajian untuk generasi milenial, sehingga pangan lokal mampu jadi pilihan cemilan generasi ini.

Disamping cita rasa, untuk promosi olahan pangan lokal berbasis media sosial tampilan yang "instagramable" sudah menjadi tuntutan sebagai media promosi dan komersial.

Respon peserta sangat positif dengan adanya contoh produk yang langsung dipraktikkan dari olahan labu kuning yang kaya gizi dan cukup melimpah di Jambi.

Semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi anggota KWT untuk pengembangan pemanfaatan pangan lokal yang tidak hanya sedap di lidah, tetapi juga mantap di harga. (LY)