PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Ibu-Ibu TP PKK Desa Dusun Mudo belajar Hidroponik




MUARO JAMBI - Menggandeng MontD'Or Oil Tungkal Limited, salah satu perusahaan Sawit di wilayah Tanjung Jabung Barat, Pemerintah Desa Dusun Mudo Kecamatan Muaro Papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sebanyak 33 orang melakukan kunjungan ke IP2TP dan Tagrimart BPTP Jambi pada Senin (14/10/2019).

Pembinaan yang dilakukan kepada kader PKK merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan PKK dalam bercocok tanam hortikultura salah satunya pengenalan budidaya tanaman melalui Hidroponik.

Turut serta Kepala Desa Dusun Mudo, Anngi Saputra, SE beserta Ketua TP PKK Dusun Mudo, Pratika Rahmat, A.Md memberikan arahan agar peserta belajar langsung teknik budidaya melalui hidroponik.

Penanggung Jawab kegiatan Tagrimart, Syafri Edi mengulas materi budidaya tanaman secara konvensional dan menjelaskan keunggulan budidaya melalui hidroponik.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pengenalan koleksi tanaman dan fungsinya, cara penyemaian dan praktik budidaya hidroponik dari awal proses, penanaman hingga pemupukan.

Peserta bersemangat karena diberikan kesempatan melakukan secara langsung tahapan-tahapan yang diajarkan.

Dalam wawancara singkat dengan Ketua TP PKK Dusun Mudo, Pratika Rahmat, A.Md sangat mengharapkan peserta dapat segera menduplikasi kegiatan pemanfaatan pekarangan di rumah masing-masing dengan support PKK dan MontD'Or Oil Tungkal Limited.

Diakhir kegiatan menjadi hal yang menyenangkan bagi peserta dengan membawa sayuran untuk dibawa pulang dengan melakukan panen bersama, tentunya.

Tak lupa foto bersama sebagai dokumentasi agar kenangan ini tercatat manis di Kegiatan Tagrimart.