PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

BPTP Jambi Dukung Rencana Pengembangan Kawasan Padi Organik di Muaro Jambi




Rakor Teknis Program 2020 ini dilaksanakan untuk membahas perencanaan pengembangan kawasan padi organik yang dilakukan secara terintegrasi dengan OPD terkait yang terdiri dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan, Diskominfo, BMKG, PUPR, PKMD, Kordinator Penyuluh, PPL dan Kepala Desa.

Peserta yang hadir sekitar 35 orang, dipandu oleh Kabid. Ekonomi dan dibuka oleh Sekretaris Bappeda Muaro Jambi.

Selain mengintegrasikan kegiatan yang ada pada masing-masing OPD, Kepala Bappeda yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda, Budi Setiawan, SP., M.Si menyampaikan program 2020 terkait peningkatan produktivitas tanaman padi dan hortikultura.

Fokus utama kegiatan adalah pengembangan kawasan perdesaan di 2 kecamatan yaitu Maro Sebo dan Jambi Luar Kota untuk kawasan padi organik.

Program ini merupakan program prioritas yang bersinergi dengan program UPSUS PAJALE di Muaro Jambi nantinya.

Terkait dengan hal tersebut BPTP Jambi sebagai narasumber menyampaikan materi Teknologi Budidaya Padi secara Organik yang disampaikan oleh Mildaerizanti SP, M.Sc.

Pada prinsipnya niat pencanangan bertanam padi menuju organik ini didukung oleh OPD yang nanti terintegrasi dalam program kawasan organik ini.

Rencana tindak lanjut dari Rakor ini diantaranya adalah segera menentukan CPCL, mengidentifikasi kesiapan Alsintan dan tata kelola ketersediaan air / irigasi dan pengalokasian anggaran dari OPD teknis yang terkait langsung.

Rakor ini merupakan satu langkah progresif yang dimulai tahun 2019 oleh Bappeda Muaro Jambi untuk lebih mengoptimalkan gerak pembangunan pertanian kawasan dengan mengintegrasikan program dan kerja sama yang didukung berbagai OPD lingkup Pemda Muaro Jambi.