PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Kerja Sama Pemda Merangin dan BPTP Jambi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Penyuluh Pertanian di Merangin




MERANGIN - Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jambi Dr. Rustam mengikuti Sosialisasi Peraturan Bupati Merangin Nomor 91 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Metode Laku Susi (latihan, Kunjungan dan Supervisi) bagi Penyuluh Pertanian dalam upaya meningkatkan kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Merangin sekaligus penandatangan naskah perjanjian kerja sama antara Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Merangin dengan BPTP Jambi dan Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi.

Pertemuan dilaksanakan di Kantor Bupati Merangin pada Rabu, 23 Oktober 2019 dihadiri oleh Bupati, Dinas TPH Merangin, BPTP Jambi, Bapeltan Jambi, Koordinator Penyuluh Kecamatan, Kontak Tani dan PPL yang berjumlah 150 orang.

Acara dimulai dengan sambutan Kepala Dinas TPH Merangin yang menjelaskan tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan tugas pokok penyuluh serta meningkatkan kinerja, pengendalian dan pengawasan penyuluh.

Peran penyuluh dalam pembinaan dan pendampingan kelompok tani adalah dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Diharapkan semangat, motivasi dan pengetahuan penyuluh dapat ditingkatkan melalui pelatihan dan demplot kegiatan yang dilaksanakan oleh BPTP Jambi dan Bapeltan Jambi.

Dalam sambutannya Bupati Merangin menyampaikan keinginannya untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Merangin yang memiliki potensi lahan 23% dataran tinggi, 35% dataran sedang dan 42% dataran rendah yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa komoditas sesuai dengan agroekosistemnya.

Kabupaten Merangin telah surplus beras sebanyak 42.000 ton. Kedepan Bupati mengharapkan perlu banyak disampaikan hasil-hasil yang sudah diperoleh.

Selain dengan BPTP dan Bapeltan, kerja sama juga dilakukan dengan institusi lainnya seperti Bappeda, kemudian kerja sama terkait bawang dengan Kabupaten Brebes dan kopi dengan Kabupaten Gayo.

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan/reward bagi petani, Gapoktan dan penyuluh yang berhasil.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama oleh Kepala BPTP Jambi dan Kepala Bapeltan Jambi serta penyerahan benih jagung oleh Kepala BPTP Jambi kepada Bupati Merangin..

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala BPTP Jambi mengenai Kebijakan Umum BPTP dalam Upaya Peningkatan Produksi dan Kinerja Penyuluh Pertanian dan diakhiri dengan diskusi.

Pendampingan Upsus BPTP Jambi di Kabupaten Merangin melalui demplot dan pelatihan yang telah dilaksanakan diantaranya teknologiĀ  tumpang sari padi dan jagung, teknologi tumpang sari kedelai dan jagung, VUB padi dan VUB jagung serta teknologi budidaya padi di lahan bekas tambang.