PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Tingkatkan Kompetensi Mengajar, MGMP Pertanian-Peternakan SMK Berkunjung ke IP2TP




MUARO JAMBI -  Kunjungan lapangan yang dilakukan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pertanian-Peternakan SMK se-Kabupaten Muaro Jambi, Batanghari dan Kota Jambi ke Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Sungai Tiga, berlangsung pada Rabu, 20 November 2019.

Rombongan sebanyak 30 orang terdiri dari guru pengampu mata pelajaran pertanian-peternakan merupakan perwakilan dari sekolah masimg-masing untuk dapat belajar, mengikuti perkembangan teknologi yang dihasilkan Kementerian Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan meningkatkan kompetensi mengajar melalui informasi terkini bidang pertanian dan peternakan.

Disambut langsung oleh Kasie KSPP, Kepala IP2TP, Penanggung Jawab kegiatan Tagrimart, acara berlangsung penuh kekeluargaan.

Kasie KSPP, Dr. Lutfi Izhar menjelaskan beberapa kegiatan dan fasilitas yang terdapat di IP2TP dan dapat digunakan oleh pengguna yang berkepentingan.

IP2TP juga telah menjadi tempat kunjungan beberapa sekolah mulai dari PAUD sampai dengan perguruan tinggi, juga untuk umum yang ingin belajar secara langsung.

Kegiatan berlanjut dengan mengunjungi Taman Agroinovasi. Dalam kegiatan kunjungan kali ini, Penanggung jawab kegiatan Tagrimart, Syafri Edi, SP mempersilakan peserta terlebih dahulu untuk mengamati display yang terhampar di Taman Agroinovasi.

Bertempat di saung Tagrimart, peserta mendapatkan banyak penjelasan teknis terkait budidaya tanaman ramah lingkungan, sehat bagi keluarga, mulai dari penanaman, pemeliharaan dan waktu panen yang tepat.

Teknologi hidroponik sebagai salah satu alternatif bercocok tanam di lingungan kantor sekolah juga diperkenalkan.

Ketua MGMP Pertanian-Peternakan SMK, Ir. Berlin Purba menyatakan apresiasinya karena telah diterima dengan baik dan belajar langsung dengan melihat display pertanian organik baik konvensional dan hidroponik sehingga kunjungan kali ini dapat menjadi oleh-oleh berupa pengalaman yang berharga yang kelak akan diterapkan di sekolah masing-masing peserta.

Lebih lanjut, Ia menyatakan alasan memilih lokasi IP2TP BPTP Jambi adalah selain silaturahmi juga ingin melihat contoh kebun percobaan yang dikelola dan dipelihara dengan begitu baik. 

Sungguh, kami Tim Tagrimart berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi semua peserta. Terutama tamu kami hari ini begitu spesial, guru pengampu mata pelajaran pertanian-peternakan.

Terima kasih Bapak dan Ibu Guru telah berkunjung ke IP2TP. Dan kami pun belajar banyak dari Bapak-Ibu hari ini…