PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

BPTP Jambi Dampingi Kunjungan Petani Lingga ke Lokasi Pertanian Spesifik Lokasi Provinsi Jambi




JAMBI - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi mendapat kunjungan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, penyuluh pertanian dan petani Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang berjumlah 15 orang, yang dilakukan dari tanggal 26 November s.d. 01 Desember 2019.

Kunjungan ini dalam rangka penyuluhan kelembagaan petani Kabupaten Lingga di beberapa lokasi pertanian Provinsi Jambi terhadap peningkatan produksi, produktivitas dan mutu produk tanaman spesifik lokasi.

Pada hari pertama, kunjungan dilakukan ke BPTP Jambi dan IP2TP Sungai Tiga, selanjutnya pada hari kedua dilakukan kunjungan ke petani nanas di Desa Tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Untuk budidaya tanaman padi pasang surut kunjungan dilakukan ke Desa Karya Bhakti, Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur tepatnya di Kelompok Tani Karya Maju. Peserta sangat antusias karena sangat mirip dengan daerah mereka di Kabupaten Lingga baik jenis tanah maupun pasang surutnya.

Pada hari keempat petani diarahkan ke komoditi jagung di lokasi kegiatan sekolah lapang BPTP Jambi di Desa Tangkit, Kabupaten Muaro Jambi. Di lokasi ini petani Lingga diajarkan cara menyiapkan benih F1, selanjutnya benih tersebut dijadikan untuk benih sebar.

Pendamping petani Kabupaten Lingga dari BPTP Jambi Endi Putra berharap melalui kunjungan ini ada inovasi yang dapat diterapkan, baik secara langsung maupun dimodifikasi sesuai kondisi yang spesifik di Kabupaten Lingga.