PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Jambi

Studi Banding Penyuluh Tanjung Jabung Timur ke Tagrimart: Belajar Hidroponik




MUARO JAMBI - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanjung Jabung Timur melakukan studi banding ke IP2TP BPTP Jambi pada Jum’at, 29  November 2019.

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian dalam melaksanakan fungsi penyuluhan pertanian di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan mengambil tema “Budidaya Hidroponik.”

Hadir dalam kunjungan tersebut penyuluh yang tergabung sebanyak 30 orang. Turut hadir Kepala UPTD BPP Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sumpana, SP.

Rombongan merupakan perwakilan masing-masing Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, terdiri dari BPP Kecamatan Mendahara Ulu, Geragai, Mendahara Ilir, Kuala Jambi, Muaro Sabak Barat, Dendang, Muaro Sabak Timur, Rantau Rasau, Berbak dan Nipah Panjang.

Rombongan langsung diterima Penanggung Jawab kegiatan Tagrimart, Syafri Edi SP.

Pertanian, bertani, teknik budidaya dari pengolahan tanah sampai dengan panen bukanlah hal yang baru diketahui oleh para penyuluh pertanian ini, karenanya kunjungan ini lebih menitikberatkan pada penjelasan mengenai Hidroponik.

Hidroponik merupakan solusi dari permasalahan “menanam” di areal yang sempit.

Bercocok tanam menggunakan air ini cocok di terapkan di rumah-rumah perkotaan maupun kantor yang arealnya dominan tertutup.

Syafri Edi, SP kemudian menjelaskan manfaat dan poin-poin penting budidaya tanaman dengan metode hidropnik.

Diantaranya penggunaan air yang efisien, tidak membutuhkan banyak tenaga kerja, tidak tergantung pada cuaca, asalkan tanaman hidroponik dipelihara dengan baik dengan memperhatikan nutrisi tanaman tentunya hasil panen hidroponik dapat maksimal.

Rombongan diberikan kesempatan untuk mempraktikan langsung tahapan-tahapan budidaya hidroponik, mulai dari penyemaian, penanaman, pemeberian nutrisi hingga menentukan waktu panen.

Tak lupa diperlihatkan display hidroponik dengan metoda apung, NTF dan WCIK.

Diakhir acara, Sumpana, SP menyampaikan rasa terima kasih dan meminta pendampingan kegiatan Hidroponik ini dilakukan di semua BPP Kecamatan Tanjung Jabung Timur pada tahun 2020.

BPP sebagai pusat informasi, pelatihan, diskusi pelaku pertanian dapat menjadikan percontohan sehingga budidaya hidroponik dapat diterapkan pada lingkungan perkantoran, perumahan maupun petani binaan.

Terima Kasih telah memilih BPTP Jambi sebagai lokasi kunjungan studi banding.